on

Laptop MacBook Air 13 Terbaru – 2013

Berbeda dengan laptop MacBook Pro terbaru yang hadir dengan berbagai perubahan revolusioner seperti prosesor tipe Hasswel, sistem operasi terbaru iOS 7 serta masih banyak hal baru lain, satu-satunya perubahan radikal pada laptop terbaru seri MacBook Air hanyalah prosesor Hasswel.


Calon pembeli yang lama menantikan kehadiran layar Retina di laptop terbaru MacBook Air nampaknya harus mengalami kekecewaan karena fitur tersebut masih belum disematkan pada laptop ini. Dari segi bobot pun laptop MacBook Air terbaru ini juga bukan yang teringan di kelasnya karena laptop Apple ini memiliki berat 1,33 kg sementara laptop lain seperti laptop Sony Vaio Pro 13 hanya berbobot 1,03 kg.

Meski demikian bukan berarti laptop terbaru Apple ini tidak pantas dilirik. Kualitas material dan finishing-nya tetap sangat baik. Bahkan jika dibanding MacBook Air versi sebelumnya maka versi terbaru MacBook Air ini terasa memiliki casing yang lebih kokoh dan stabil meski hanya memiliki ketebalan sekitar 4 mm.

Di bagian dalam MacBook Air, selain kehadiran prosesor terbaru yaitu prosesor Hasswel Apple juga menggantikan media penyimpanan tipe mSATA SSD dengan media penyimpanan tipe PCI Express yang menjadikan laptop ini lebih cepat dibanding versi lamanya.

Performa MacBook Air Terbaru 2013

Unit laptop MacBook Air 13 yang kami uji dilengkapi dengan prosesor 1.3 GHz Intel Core i5-4250U yang mencatatkan skor 0,7 dalam pengujian dengan Real World Benchmark. Sementara versi sebelumnya meraih skor 0,68. Artinya ada sedikit peningkatan performa pada MacBook Air terbaru ini.

Untuk performa kecepatan media penyimpanan laptop MacBook Air yang mengandalkan SSD buatan Samsung mencatatkan kecepatan baca 690 MB per detik dan tulis 485 MB per detik yang artinya adalah SSD tercepat di antara semua laptop bahkan kecepatannya sudah mendekati SSD RAID pada komputer desktop.

Untuk GPU laptop MacBook Air terbaru ini lebih unggul dibanding laptop lain sekelasnya. Jika laptop lain masih mengandalkan Intel HD Graphics 4000 atau 4400 maka laptop Apple ini sudah menggunakan GPU Intel HD Graphics 5000. Untuk menjalankan game laptop ini cukup mumpuni meski tentu tidak maksimal karena memang tidak didesain untuk itu.

Berkat prosesor Haswell pula MacBook Air terbaru ini lebih hemat dalam penggunaan baterai, hasil pengujian kami dengan Windows 8 mendapati bahwa baterai laptop Apple ini mampu bertahan selama 11 jam 43 menit. Ini berarti daya tahan baterai MacBook Air lebih lama dibanding ultrabook manapun.

Port dan Konektivitas Laptop MacBook Air 13 Terbaru

Soal port dan konektivitas MacBook Air menyediakan 2x USB 3.0, 1x Thunderbolt, SDXC card reader dan port audio 3,5 mm. Sedangkan konektivitas nirkarbel didukung oleh Bluetooth 4.0 dan WiFi 802.11ac.

Penilaian kami untuk MacBook Air 13 Terbaru (2013)

Ketiadaan layar tipe Retina dan minimnya perubahan revolusioner tidak serta merta menjadikan MacBook Air tak memiliki keunggulan dibanding versi sebelumnya. Kombinasi prosesor Hasswel dan SSD baru bukan sekedar menjadikan laptop ini lebih kencang dari versi lamanya namun sekaligus juga meningkatkan daya tahan baterai melebihi laptop manapun.

Memang sistem operasi Windows 8 tidak akan maksimal di MacBook Air jika Anda berencana menggunakan sistem operasi ini di laptop Apple, namun jika Anda sekedar mementingkan desain laptopnya maka laptop baru Apple ini tak kan membuat Anda kecewa.

Was posted by 1:18 AM , under apple and permalink http://produklaptopbaru.blogspot.com/2013/08/laptop-macbook-air-13-terbaru-2013.html .