on

Samsung Galaxy Tab 3 10.1 Detil Spesifikasi dan Harga

Samsung Galaxy Tab 3 10.1 yang diluncurkan di pasar Indonesia beberapa bulan lalu mengusung banyak perubahan dibanding Samsung Galaxy Tab 2. Meski di beberapa negara tablet terbaru Samsung ini sudah meninggalkan modul 3G dan menggantinya dengan modul LTE namun tidak demikian di Indonesia karena jaringan LTE yang memang masih belum tersedia.


Samsung Galaxy Tab 3 10.1 sudah meninggalkan prosesor Cortex A9 yang bertanggung jawab atas performa Samsung Galaxy Tab 2, sebagai gantinya pabrikan Korea ini menanamkan prosesor Intel Atom Z2560 di tablet terbarunya. Apa keunggulan dari Samsung Galaxy Tab 3 10.1?

Seperti diketahui bahwa Samsung Galaxy Tab 3 bukan hanya hadir dalam ukuran 10.1 inch saja namun juga ukuran 7 dan 8 inch. Jika dibandingkan dengan kedua saudaranya yang lain tentu saja ketajaman warna pada Samsung Galaxy Tab 3 10.1 tidak sebaik kedua saudaranya yang lain karena ukuran layar yang lebih besar.

Prosesor Intel Atom Z2460 sendiri merupakan prosesor dual core SoC yang mendukung teknologi Hyperthreading. Jika diperlukan maka core kedua akan terstimulasi dalam rangka menjaga performa Samsung Galaxy Tab 3 10.1 menjalankan aplikasi.

Samsung Galaxy Tab 3 10.1 Detil Lebih Lanjut

Jika Anda sudah terbiasa dengan tablet keluaran Samsung versi sebelumnya atau pernah menggunakan smartphone keluaran Samsung maka Anda akan merasa sangat familiar dengan Samsung Galaxy Tab 3 10.1.

Beberapa port dan kelengkapan yang tersedia pada tablet terbaru Samsung ini antara lain adalah slot SD Card dan micro SIM card, infrared, port audio, dan micro USB.

Berkat keberadaan slot micro SIM card maka Samsung Galaxy Tab 3 10.1 bisa digunakan untuk telepon maupun SMS sebagaimana layaknya sebuah smartphone. Pada Samsung Galaxy Tab 3 10.1 fungsi telepon terus terang terasa janggal bagi kami, sebab apa benar pengguna tablet akan menggunakan tablet komputer sebesar ini untuk menelepon?



Walau demikian Samsung Galaxy Tab 3 10.1 cukup baik jika digunakan untuk menelepon sebab suara kedua belah pihak yang terlibat pembicaraan bisa diterima dengan jelas. Penggunaan headset ketika menelpon menggunakan tablet Samsung ini tentu adalah mutlak kecuali Anda bersedia mendekatkan tablet ini ke telinga dengan tangan satu.

Untuk software Samsung Galaxy Tab 3 10.1 sudah menggunakan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean yang dipadu dengan TouchWiz dari Samsung. Tampilan antar muka Android 4.2 cukup menarik dan relatif mudah dipelajari bagi pengguna yang belum pernah menggunakan sistem operasi Android sekalipun.

Koneksi nirkabel Samsung Galaxy Tab 3 10.1 mendukung standar 802.11 a / b / g / n yang bekerja pada frekuensi 2.4 dan 5 GHz. Untuk transmisi data jarak dekat tersedia pula koneksi melalui Bluetooth 4.0.

Multimedia dan Kamera Samsung Galaxy Tab 3 10.1

Samsung Galaxy Tab 3 10.1 dilengkapi dengan dua kamera yaitu 1.3 MP di bagian depan dan 3.15 MP di belakang.

Meski hanya beresolusi 3.15 MP namun ketika Samsung Galaxy Tab 3 10.1 digunakan untuk memfoto hasilnya cukup memuaskan meski cenderung gelap. Tentu kualitas kamera Samsung Galaxy Tab 3 10.1 tidaklah terlalu penting mengingat bahwa memfoto dengan tablet juga bukan praktek yang wajar kecuali jika terpaksa.

Layar sentuh Samsung Galaxy Tab 3 10.1 cukup sensitif dalam merespon perintah melalui tangan, sayang fitur-fitur motion control yang ada pada Samsung Galaxy S4 belum diaplikasikan pada tablet ini.

Layar Samsung Galaxy Tab 3 10.1 memiliki kedalaman 16,7 juta warna sama seperti halnya dengan Samsung Galaxy Tab 3 versi 7 dan 8 inch.

Penggunaan prosesor keluaran Intel pada gadget keluaran Samsung ini sejujurnya cukup mengejutkan mengingat selama ini Samsung cenderung menggunakan prosesor buatannya sendiri atau prosesor Qualcomm sebagaimana halnya dengan Samsung Galaxy S4. GPU yang terintegrasi pada prosesor Intel ini adalah PowerVR SGX 540.

Memang jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya ada peningkatan performa pada Samsung Galaxy Tab 3 10.1 namun masih kalah dibanding tablet Nexus 7 terbaru.

Dalam praktek keseharian Samsung Galaxy Tab 3 10.1 masih cukup handal menjalankan berbagai aplikasi termasuk game-game Android terbaru seperti Modern Combat 3 atau Need for Speed: Hot Pursuit.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker pada Samsung Galaxy Tab 3 10.1 cukup baik meski tidak sepenuhnya memuaskan. Eksternal speaker sangat direkomendasikan bagi penikmat audio.

Harga Samsung Galaxy Tab 3 10.1 di Indonesia berkisar antara Rp 4,7 – 5 jutaa-an. Jika Anda bukan fans produk Samsung maka Asus Memo Pad FHD 10 layak dipertimbangkan mengingat harganya yang lebih murah yaitu sekitar 3,5 juta-an. Samsung Galaxy Tab 3 ini juga tersedia di Lazada.

Was posted by 12:52 AM , under samsung , Tablet and permalink http://produklaptopbaru.blogspot.com/2013/08/samsung-galaxy-tab-3-101-detil.html .