on

BlackBerry Q5 – Smartphone Murah dari BlackBerry

BlackBerry Q5 adalah versi murah dari smartphone terbaru keluaran BlackBerry yang sudah menggunakan OS BlackBerry 10. Keberadaan keypad pada BlackBerry murah ini memudahkan pengguna yang banyak mengetik baik ber-SMS, BBM, WA dan sebagainya.

BlackBerry Q5 diluncurkan oleh perusahaan asal Kanada tersebut hanya berselang beberapa saat setelah resmi merilis BlackBerry Q10. Tentu jika dibandingkan dengan Q10 smartphone murah BlackBerry ini tidak memiliki spesifikasi yang setara. Bukan hanya itu saja, kamera dan jenis material yang berbeda juga membedakan Q10 dengan BlackBerry Q5.

BlackBerry Q5 Murah

Detail BlackBerry Q5

Susunan keypad mendominasi bagian depan casing BlackBerry Q5. Tombol-tombolnya sendiri memiliki feedback yang baik, tidak keras dan tidak pula terlalu empuk. Meskipun ukuran tombolnya tampak kecil namun ketika digunakan ukurannya terasa ideal sehingga tidak menyebabkan banyak terjadi kesalahan ketik yang umum terjadi pada smartphone dengan keyboard yang terlampau kecil.

Ukuran layar yang hanya 3.1 inch terbilang kecil untuk layar smartphone masa kini, resolusinya adalah 720x720 pixel dengan kedalaman warna yang sama dengan BlackBerry Q10 yaitu 329 ppi. Namun demikian BlackBerry Q5 belum menggunakan layar Super AMOLED sebagaimana halnya dengan Q10.

Ukuran layar yang kecil bukan semata-mata nilai minus, namun karena kedalaman warnanya yang tinggi maka gambar dan warna yang disajikan sangat nyaman di mata. Bahkan di bawah sinar matahari pun layar BlackBerry Q5 masih jelas terbaca.

Kelemahannya dari BlackBerry Q5 tentu saja pengguna harus membiasakan diri dengan layar kecil yang agak kurang nyaman ketika digunakan untuk browsing.

Blackberry harga murah

Performa BlackBerry Q5

Untuk mendukung performanya BlackBerry Q5 mengandalkan prosesor Snapdragon S4 1.2 GHz. Jadi tipe prosesor yang digunakan sama dengan Q10 hanya saja pada Q10 kecepatannya 1.5 GHz. Prosesor tersebut didukung oleh RAM sebesar 2 GB dan internal memori 8 GB. Jika dibutuhkan pengguna bisa menambah kapasitas penyimpanan melalui slot microSD yang mendukung hingga kapasitas 32 GB.

Dengan dimensi 120 x 65,9 mm dan tebal 11 mm BlackBerry Q5 termasuk cukup tebal jika dibanding smartphone lain. Beratnya sendiri mencapai 118 gram.

Casingnya memang terbuat dari plastic sehingga ketika digenggam tak terasa mahal seperti Q10 namun karena finishing-nya baik maka rasanya tak ada yang perlu dikritik dari kualitas casing BlackBerry Q5 ini mengingat harganya yang memang relatif murah.

Speaker BlackBerry Q5 menghasilkan suara bass yang lumayan mantap, volumenya juga tidak terlalu tinggi namun sudah cukup baik. Berbeda dengan Q10 dan Z10, Q5 belum menyediakan micro HDMI.

Kamera 5 MP pada BlackBerry Q5 dilengkapi dengan lampu LED dan autofocus, kualitas kameranya standar untuk ukuran smartphone dan sering berkesan over saturation.

BlackBerry mengklaim waktu bicara 12,5 jam dan standby 14 hari di jaringan 3G. Dalam pengujian kami dengan memutar film kualitas Full HD baterai BlackBerry Q5 bertahan selama lebih kurang delapan jam. Ini tentu adalah sebuah rekor untuk ukuran smartphone masa kini.

Ketika diuji dengan Geekbench 2 BlackBerry Q5 mencatatkan angka 1.462, sebagai perbandingan high-end smarrtphone seperti Samsung Galaxy S4 mencatatkan 3.164 point sementara HTC One 2.650 point.


Spesifikasi BlackBerry Q5

Ukuran (L x W x H cm) 12 x 6.6 x 1 cm
Berat (kg) 0.12 kg
Warna Hitam
Tipe Q5
Ukuran Layar (in) 3.1
RAM 2
Kapasitas Penyimpanan 8
Kecepatan CPU 1.20
Megapiksel 5.0
Fitur GSM|Music Player|Primary Camera|Touchscreen|GPS|Secondary Camera|Image Stabilization|MP3|Internet Ready
Garansi produk 2 Tahun Garansi (Spare-part dan Servis)
Input USB
Output 3.5mm jack|USB
Koneksi Nirkabel 4G|Bluetooth|WiFi|EDGE|3G
Kamera Belakang 5 MP
Kamera Depan 2 MP
USB Port Ya
Resolusi Layar 720 x 720
Tipe Baterai Li-Ion
Kapasitas Baterai 2180 mAh
Video HD Ya
Resolusi Video 1920x1080
Built in Flash Ya
Built in Memory 2 GB RAM
Tipe Memory Card microSD
Fitur Kamera Lainnya Autofokus
Tipe Layar IPS
Kedalaman Warna 16 Juta Warna
Versi Sistem Operasi Blackberry 10 OS
SIM micro SIM GSM
Kapasitas Penyimpanan 8 GB
Kecepatan Processor 1.2 GHz
Tipe Processor Dual Core Qualcomm Snapdragon 4

Penilaian untuk BlackBerry Q5

Harga BlackBerry Q5 saat ini adalah Rp 4 jutaan, artinya kurang lebih Rp 2 juta lebih murah dibandingkan Q10. Meski ada banyak downgrading jika dibandingkan Q10 namun kualitas BlackBerry Q5 secara keseluruhan termasuk baik.

Ukuran layarnya memang kecil, namun gambar dan warnanya jelas. Sebagai gadget multimedia harus diakui bahwa BlackBerry Q5 tidak cukup baik meski BlackBerry mengiklankan sebaliknya.

Jika Anda tidak membutuhkan physical keyboard dan bukan maniak BlackBerry maka ada baiknya mempertimbangkan juga iPhone 4S, Nokia Lumia 720 atau Huawei Ascend Mate.

Silakan cek di sini untuk melihat harga termurah dari smartphone-smartphone tersebut dan harga terbaik untuk BlackBerry Q5.

Was posted by 12:05 AM , under BlackBerry , Smartphone and permalink http://produklaptopbaru.blogspot.com/2013/08/blackberry-q5-smartphone-murah-dari.html .