on

Laptop Murah Sony Vaio Fit 14E

Trend laptop tipis seolah makin marak belakangan ini, demi mengejar ukuran yang tipis tak sedikit pengguna laptop yang rela membelanjakan uang di kisaran harga Rp 10 juta-an untuk membeli ultrabook. Tak cukup sampai disitu, bahkan terkadang konsumen begitu saja membeli laptop dengan prosesor Intel Core i7 dan kartu grafis high performance sementara kesehariannya hanya digunakan untuk menjalankan aplikasi Office, memutar musik/film dan web surfing.


Melihat fenomena tersebut beberapa produsen laptop merk ternama mulai memproduksi laptop tipis dengan spesifikasi yang sekedar cukup untuk kebutuhan harian dan tentu saja harga laptop tipis tersebut jauh lebih murah ketimbang ultrabook.

Setelah Asus memelopori dengan laptop Asus X201 kini giliran Sony yang memperkenalkan laptop Sony Vaio Fit 14E.

Detil Laptop Sony Vaio Fit 14E

Laptop murah terbaru keluaran Sony ini mengandalkan prosesor Intel Pentium 987 1.5 GHz yang didukung oleh RAM DDR3L SDRAM sebesar 4 GB, sedangkan kapasitas media penyimpanannya 500 GB.

Layar laptop murah Sony itu memiliki ukuran 14 inch tipe touch dengan resolusi 1,366 x 768 pixels. Sedangkan untuk port dan konektivitas tersedia 2x USB 3.0, Ethernet port, HDMI, Bluetooh 4.0, SD card reader dan NFC.

Dibandingkan Asus X201 memang harga laptop Sony Vaio Fit 14E ini lebih mahal, namun demikian hal itu bisa dipahami mengingat casing laptop Sony sudah menggunakan bahan aluminium sementara laptop murah Asus tersebut masih menggunakan casing plastik.

Desain dan pengaturan keyboardnya cukup menarik, lebih-lebih karena Sony menggunakan bahan plastik lembut sebagai material tombol-tombol pada keyboard Vaio Fit tersebut. Sayangnya ketika digunakan selain kurang terasa mantap juga terbilang cukup berisik, setara dengan suara tetesan air di atas kertas.
Lain halnya dengan trackpad laptop Sony, trackpadnya cukup akurat dan sensitif.

Pada posisi sempurna layar laptop Sony ini menghasilkan kualitas yang cukup baik untuk ukuran laptop murah, sayang sudut pandangnya sangat minim sehingga mudah timbul gejala-gejala distorsi dan refleksi.

Performa Laptop Sony Vaio Fit 14E

Melihat dari konfigurasi spesifikasi hardware nya tentu tak seorangpun akan mengharapkan performa luar biasa dari laptop murah keluaran Sony ini. Meski demikian untuk kebutuhan sehari-hari seperti menjalankan aplikasi Office, menonton film, memutar musik dan surfing jelas performa laptop ini sudah sangat memadai.

Untuk melepas panas Sony merancang pembuangan udara panas di bagian kiri, panasnya teratasi dengan baik sehingga tidak ada gejala temperatur tidak wajar selama pengujian, sayang ketika panasnya cukup tinggi laptop ini menghasilkan suara kipas yang cukup berisik.

Laptop ini juga diperlengkapi dengan dua speaker di bagian depan, kualitas suaranya tidak istimewa namun lebih jernih dan keras jika dibanding laptop lain.

Memang laptop ini bukan laptop yang istimewa namun jika Anda berniat mencari laptop dengan harga murah tentu ada hal-hal yang harus dikompromikan. Meski demikian dibandingkan dengan laptop lain dikisaran harga yang sama laptop Sony Vaio Fit 14E cukup layar dipertimbangkan antara lain karena material casingnya yang lebih baik dibanding merk lain.

Was posted by 12:14 AM , under Sony and permalink http://produklaptopbaru.blogspot.com/2013/08/laptop-murah-sony-vaio-fit-14e.html .