on

Samsung Galaxy S4 Mini vs. HTC One Mini

Samsung dan HTC bukan hanya bersaing di segmen high-end, pertarungan sengit antara HTC One dan Samsung Galaxy S4 berlanjut ke segmen low-end setelah Samsung merilis Samsung Galaxy S4 Mini dan HTC dengan HTC One Mini. Jika HTC One terbukti sedikit lebih unggul ketimbang Galaxy S4 bagaimana dengan versi Mini-nya?

Samsung Galaxy S4 Mini vs. HTC One Mini

Desain Samsung Galaxy S4 Mini vs. HTC One Mini

Jika hanya melihat sekilas dari penampakannya saja maka Samsung Galaxy S4 Mini benar-benar baik versi mini dari Samsung Galaxy S4. Namun dengan ketebalan 8,94 mm bisa dilihat bahwa Samsung Galaxy S4 Mini sedikit lebih tebal dibandingkan sang kakak.

Material casing yang digunakan pun berbeda, untuk menghemat biaya produksi maka material casing Samsung Galaxy S4 Mini sepenuhnya menggunakan plastic sehingga cukup licin jika digenggam dengan tangan.

Di lain pihak HTC tidak begitu saja memutuskan memakai material plastik untuk smartphone murah buatannya. HTC One Mini masih menggunakan bahan aluminium meski beberapa bagian tetap menggunakan plastik.

Dari segi dimensi Samsung Galaxy S4 Mini lebih kecil ketimbang HTC One Mini, dan beratnya yang hanya 107 gram juga lebih ringan dibanding HTC One Mini yang memiliki bobot 122 gram.

Spesifikasi Samsung Galaxy S4 Mini vs. HTC One Mini

Dibandingkan versi high-end-nya jelas sekali banyak penurunan spesifikasi baik pada Samsung Galaxy S4 Mini maupun HTC One Mini.
Di atas kertas spesifikasi Samsung Galaxy S4 Mini lebih unggul ketimbang HTC One Mini, namun pada penggunaan sehari-hari nyaris tak terasa perbedaan performa antara kedua smartphone Android murah ini.

Dalam hal storage Samsung Galaxy S4 Mini lebih unggul karena memberi keleluasaan pada pengguna untuk memakai memory card, hal ini tidak dimungkinkan pada HTC One Mini. Samsung Galaxy S4 Mini juga sudah mendukung NFC namun fitur ini masih kurang bermanfaat di Indonesia.

Berkat dukungan Beats Audio Technology kualitas suara yang dihasilkan oleh HTC One Mini juga lebih baik ketimbang Samsung Galaxy S4 Mini.

Kualitas kamera HTC One juga lebih baik ketimbang Samsung Galaxy S4 Mini jika keduanya digunakan pada kondisi minim penerangan, namun pada saat kondisi normal keduanya setara bahkan Samsung Galaxy S4 Mini unggul dalam manipulasi software.

Daya tahan baterai keduanya setara meski Samsung Galaxy S4 Mini memiliki kapasitas 100 mAH lebih besar ketimbang HTC One Mini. Keunggulan Samsung Galaxy S4 Mini dalam hal ini adalah desainnya yang memungkinkan pengguna untuk mengganti baterai sendiri.

Untuk sistem operasi keduanya menjalankan Android 4.2, Samsung Galaxy S4 Mini tidak memiliki berbagai fitur canggih sebagaimana dimiliki oleh sang kakak Samsung Galaxy S4, sebaliknya HTC One Mini mengusung berbagai kecanggihan yang sama ditawarkan oleh HTC One kecuali SenseTV.

Kesimpulan Samsung Galaxy S4 Mini vs HTC One Mini

HTC One Mini bisa dibilang benar-benar merupakan versi murah dari HTC One karena hampir semua fitur unggulan di HTC One bisa diketemukan pada HTC One Mini, sebaliknya Samsung Galaxy S4 Mini selain desain yang serupa bisa dibilang tak ada lagi kesamaannya dengan Samsung Galaxy S4.

Pada perbandingan head to head Samsung Galaxy S4 Mini unggul dalam hal spesifikasi, performa dan kamera (dalam kondisi cahaya normal) ketimbang HTC One Mini meski perbedaannya tak terlalu jauh. HTC One Mini sendiri unggul dalam hal material casing dan lebih desain yang terkesan lebih mahal.

Was posted by 12:40 AM , under Android , HTC , samsung , Smartphone and permalink http://produklaptopbaru.blogspot.com/2013/08/samsung-galaxy-s4-mini-vs-htc-one-mini.html .